Home Life Style Photoshop FaceBook Download

Selasa, 07 April 2009

Depresi Bikin Tulang Rapuh

Siapa sangka depresi membawa dampak negatif terhadap tulang? Seorang ilmuwan menemukan depresi bisa bikin tulang jadi rapuh. Loh?

Pada dasarnya depresi disebabkan oleh kegagalan masalah personal. Misalnya kesedihan. Orang yang mengalami kesedihan berlarut-larut bisa membuat dirinya depresi. Selain itu stres yang berkepanjangan dan perasaan sendiri juga bisa membuat seseorang mengalami depresi.

Seorang ilmuwan dari Israel menemukan adanya dampak positif yang didapat dari obat anti depresi bagi penderita osteoporosis atau pengeroposan tulang. Uji coba juga dilakukan terhadap tikus sebagai hewan percobaan.

Obat anti depresi diberikan pada tikus yang menderita depresi seperti yang dialami manusia. Para tikus ini mengalami penurunan berat pada tulang, terutama di pinggul dan tulang belakangnya.

Setelah diberi anti depresan, kepadatan tulang tikus tersebut meningkat bersamaan dengan meningkatnya aktifitas dan interaksi sosial mereka.

"Dalam penemuan terbaru...ditemukan depresi adalah elemen pertama yang bisa menyebabkan berkurangnya berat tulang dan osteoporosis," ungkap profesor Raz Yirmiya dari Hebrew University yang juga ikut ambil bagian dalam penelitian ini seperti dilansir detikhot dari Sciam.

Depresi mengaktifkan sistem 'sympathetic nervous' yang merespon bahaya atau stres yang akan terjadi. Studi menemukan respon ini membuat senyawa yang bernama noradrenaline terlepas. Senyawa inilah yang bisa merusak terbentuknya sel tulang.

Obat anti depresan menghambat noradrenaline dan membalikkan efek negatif yang disebabkan senyawa tersebut. Dalam obat anti depresan seperti prozac ditemukan juga fluoxetin yang bisa meningkatkan berat tulang pada tikus.

Nah, menjaga pikiran agar tetap segar tak ada salahnya bukan. Karena ternyata perasaan depresi mampu membuat kesehatan Anda memburuk lewat banyak cara.(yla/yla)

0 komentar:

Posting Komentar